GAGASAN MOESLIM ABDURRAHMAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF Moeslim Abdurrahman’s Ideas About Transformative Islamic Education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, Moeslim. 2009. Suara Tuhan Suara Pemerdekaan: Menuju Demokratisasi dan Kesadaran Bernegara.Yogyakarta: Kanisius.
---------------------------. 2005. Islam yang Memihak. Yogyakarta: LKiS.
----------------------------.2003. Islam sebagai Kritik sosial. Jakarta: Erlangga.
---------------------------.1996. Semarak Islam Semarak Demokrasi?. Jakarta: Pustaka Firdaus.
---------------------------.1995. Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Abdurrahman, Moeslim.1989. “Wong Cilik dan Kebutuhan Teologi Transformatif”, dlm. M. Masyhur Amin (Ed.). Teologi Pembangunan: Paradigma Baru Pemikiran Islam. Yogyakarta: LKPSM NU Yogyakarta.
Achmadi.1999. Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aditya Media.
Arifin, M.1993. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Steenbrink, Karel A. 1994.Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.
Ali, Mohamad. “Arus Pendidikan Islam Transformatif di Indonesia Sebuah Penjajagan Awal” dlm. Jurnal Suhuf Vol. 29 No. 1 Mei 2017.
-------------------.2009. Menabur Benih Sekolah Unggul di Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
--------------------.2010. Reinvensi Pendidikan Muhammadiyah. Jakarta: Al-Wasath.
-------------------.2017. Paradigma Pendidikan Berkemajuan: Teori dan Praksis Pendidikan Progresif Religius KH Ahmad Dahlan . Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
--------------- & Zaenal Abidin. 2017. Ilmu Pendidikan Islam Bercorak Keindonesiaan. Surakarta: LPPI UMS.
Amin, M. Masyhur (Ed.).1980. Teologi Pembangunan: Paradigma Baru Pemikiran Islam. Yogyakarta: LKPSM NU Yogyakarta.
Azra, Azyumardi.1999. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
Boland, B.J.1985. Pergumulan Islam di Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Buchori, Mochtar.1994. Penelitian Pendidikan dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Press.
Freire, Paulo.2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta,LP3ES.
Kuntowijoyo.1998. Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan.
Muqowim. 2004. “Menggagas Pendidikan Islam Transformatif” dlm. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1, No 1 Mei-Oktober 2004.
Muhaimin. 2012. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Muthoharoh. 2013. “Teologi Islam Transformatif Menurut Moeslim Abdurrahman dan Relevansinya dengan Pemikiran Keagamaan di Era Kontemporer”. Surabaya: Skripsi Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Raharjo, Fauzan Budi. 2015. “Islam Transformatif dalam Pandangan Moeslim Abdurrahman”. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ridla, Muhammad Jawwad. 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Rahardjo, M. Dawam. 1996. Intelektual Intelegensial dan Perilaku Politik Bangsa. Bandung: Mizan.
Sholihin.2017. “Islam Transformatif menurut Moeslim Abdurrahman”. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Tim Dosen IAIN (UIN) Sunan Ampel Malang. 1996. Dasar-dasar Kependidikan Islam. Surabaya, Karya Abditama.
Yunus, Mahmud. 1992. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Vredenbregt, J. 1978. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v3i2.487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Mohamad Ali, Ma'arif Jamuin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.