Aktualisasi Etika Guru dan Murid Al-‘Āmili di Era Disrupsi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-‘Āmilī, Z. bin A. (965). Munyah al-Murid fi Adab al-Mufid wa Al-Mustafid. (R. AlMukhtari, Ed.). Libanon: Markaz Tahqiq min Ulum Islami.
__________. (2007). Kasyf al-Raibah ‘an Ahkam al-Ghibah (kedua). Bairut: Jam’iyyah al-Ma’arif al-Islamiyah alTsaqafiyyah.
Al-Kailani, M. bin Y. (329M). Al-Kāfi Jilid II. Beirut: Dar al-Kutub al-Islamiyah.
Al-Syahid Al-Tsani. (n.d.). Diambil dari http:// id.wikishia.net/view/Al-Syahid_al-Tsani. Diunduh 3 Juni 2020.
Al-Zarnujii, B. al-I. (2004). Ta’liim al-Muta’allim Thariiq al-ta’allum (pertama). Sudan: alDar al-Sudaniyyah.
Asy’ari, M. H. (1415). Âdâb al-’Âlim wa alMuta’allim. (M. ’Ishom Hadziq, Ed.) (Pertama). Jombang: Maktabah Turats al-Islami.
Bergem, T. (1990). The Teacher as Moral Agent. Journal of Moral Education, 19(2), 88–100. https://doi. org/10.1080/0305724900190203
Carr, D. (2004). Moral Values and The Arts in Environmental Education: Towards An Ethics of Aesthetic Appreciation. Journal of Philosophy of Education, 38(2), 221– 239. https://doi.org/10.1111/j.0309- 8249.2004.00377.x
Endraswara, P. F. S. (2016). Metodologi Penelitian Posmodernisme Sastra. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.
Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (ketiga). Jakarta: Prenada Media.
Fadli, A. (2017). Konsep Pendidikan Imam AlGhazali Dan Relevansinya Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. El-Hikam, X(2), 276–299.
Gadamer, H.-G. (1999). Hermeneutics, Religion, and Ethics. New York: Yale University. Hanani, D. (2014). Pendidikan Karakter Anak Menurut Imam Al-Gazali. Jurnal Pembaharuan Pendidikan Islam (JPPI).
Harrison, S. L. (2011). Ethics and Moral Issues in Public Relations Curricula. The Journalism Educator, 45(3), 32–38. https://doi. org/10.1177/107769589004500304
Hasan, E. (2011). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Ilmu Pemerintahan. (R. Sikumbang, Ed.) (Pertama). Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, N. (n.d.). Nurul Huda, Konsep Belajar Dalam Kitab Ta’lim Al - muta’allim (hal. 13–74).
Ibrahim, T. (2017). Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme. Naturalistic, 1(2), 135– 145.
Johannesen, R. L. (1996). Etika Komunikasi terj. Ethics in Human Communication. (D. D. Malik & D. Mulyana, Ed.) (pertama). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kasali, R. (2018a). Self Disruption (ketiga). Bandung: Mizan. Kasali, R. (2018b). Tomorrow is Today: in
ilah Inovasi Disruptif Perusahaan Indonesia dalam Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan (Keempat). Bandung: Mizan.
Kattsoff, L. O. (2004). Pengantar Filsafat terj. Elements of Philosophy (IX). Yogyakarta: Tiara wacana Yogya.
Kermani, T. (2014). Diskursus Akhlak dalam Filsafat Mulla Sadra. Kanz Philosophia : A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 4(1), 78–93. https://doi. org/10.20871/kpjipm.v4i1.56
KPAI. (2019a). Catatan kpai di hardiknas kasus anak bully guru meningkat-drastis. Diambil dari http://www.kpai.go.id/ berita/catatan-kpai-di-hardiknas-kasusanak-bully-guru-meningkat-drastis. Diunduh 3 Juni 2020.
KPAI. (2019b). kpai ungkap jumlah kasus anak korban pelecehan seksual di sekolah. Diambil dari http://www.kpai.go.id/ berita/ kpai-ungkap-jumlah-kasus-anakkorban-pelecehan-seksual-di-sekolah. Diunduh 3 Juni 2020.
Lickona, T. (2012). Educating For Character. (U. Wahyudin, Ed.) (Pertama). Jakarta: Bumi Aksara.
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syâfi’î. Jurnal Edukasi Islami, 6(12), 21–43. Diambil dari http://jurnal.staialhidayahbogor. ac.id/index.php/ei/article/view/177
Muadz, M. H. (2017). sekolah Perjumpaan. (M. Firdaus, Ed.) (pertama). Mataram: Dewan Pakar PB NW.
Musiran. M. (2012). Al-Islam Dengan Sistem Boarding School ( Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu ) Kabupaten Blora.
Muhyiddin, A.-I. al-N. (1987). Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim. Thantha: Maktabah alShahabah.
Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. (Suyanto, Ed.) (kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mujiburrahman. (2017). TEOSOFI: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 7(2), 273–294.
Munawwir, W. . (1984). Kamus al-Munawwir. In Kamus al-Munawwir.
Muntakhib, A. (2017). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Al-Arba’in Al-Nawawiyyah Bagi Perkembangan Kualitas Pendidikan Indonesia. Journal of Islamic Studies and Humanities, 2(1), 31–54. https://doi. org/10.21580/jish.21.2515
__________. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian Penanaman Nilai Nilai Agama Islam di TK ABA Petarukan). Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 4(2), 247–261.
Niam, A. U., & Zen, N. (2017). Etika Murid dan Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Menurut Imam Al-ghazali. Jurnal Pendidikan Islam Al-I’tbar, 4(1), 110.
Nurdin, M., Muzakkki, M. H., & Sutoyo. (2015). Relasi Guru dan Murid (Pemikiran Ibnu ’Athaillah dalam Tinjauan kapitalisme Pendidikan). Kodifikasia, 9(1), 122.
Peters, M. A. (2018). Erratum to: Encyclopedia of Educational Philosophy and Theory. Encyclopedia of Educational Philosophy and Theory. https://doi. org/10.1007/978-981-287-588-4_900
Raes, K., & Gent, R. (1997). Teaching Professional Ethics. Ethical Perspaectives, 4(3), 243– 245.
Rakhmat, J. (2007). Dahulukan Akhlak diatas Fiqih (Cetakan ke). Bandung: PT Mizan Pustaka.
Rukiyati, Purwastuti, A., & Haryatmoko. (2018). Etika Pendidikan. (A. Pramesta, Ed.) (Pertama). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ruslan. (2016). Etika Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Al-Riwayah, 8(1), 59–72.
Russel, B. (2004). Sejarah Filsafat Barat terj. History of Western Philosophy (kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salminawati. (2015). Etika Peserta Didik Perspektif Islam. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 1–20.
Standish, P. (2002). Ethics before Equality: Moral education after Levinas. Journal of Moral Education, 30(4), 339–347. https://doi. org/10.1080/03057240120094832
Syukur, S. (2004). Etika Religius. (A. H. Himawan, Ed.) (Pertama). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tafsir, A. (2015). Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra (Keduapuluh). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tamir, M. (1999). Muqaddimah Al-Imam AlNawawi Li Kitāb al-Majmu’ Syarh Al-Muhazzab (Cetakan Pe). Kairo: AlMaktabah Al-Balad Al-Amin.
Tanyid, M. (2014). Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2), 235. https://doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13
Iman, A. (2018). Konsep Belajar Perspektif Kitab Adab Al-‘Alim Wa Almuta’allim Dan Buku Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Edu-Religia, 1(2), 38–54.
Umar, A. M. (2008). Mu’jam al-Lughah al- ’Arabiyah al-Mu’ashirah (Pertama). Kairo: ’Alam al-Kutub.
Wahid, A. (2006). Islamku Islam Anda Islam Kita Agama Masyarakat Negara Demokrasi. (D. M. S. Anwar, Ed.) (Pertama). Jakarta: The Wahid Institute.
Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media. https://doi. org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10
Zaini, M. (2016). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Madrasah. IOSR Journal of Economics and Finance. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ ethz-b-000238666
Zein, Z. (2012). Aktivitas Keagamaan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Humanus, XI(1), 302.
DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v6i2.1112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ahmad Muntakhib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.