Kontribusi Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah dan Budaya Kerja terhadap Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah
Abstract
Teacher professionalism determines the quality of madrasas. Professional teachers are seen in the implementation of tasks characterized by good expertise in the material and methods in increasing student competence. Professional teachers will ensure the teaching and learning process and quality learning outcomes at madrasah. Teacher professionalism is influenced by many factors, including managerial leadership and work culture. This study aims to describe the influence of principal managerial skills and work culture in the school environment on the professionalism of private Madrasah Aliyah teachers in Semarang Regency. Research with a quantitative approach was conducted in the Semarang Regency area. The study population was teachers in 7 (seven) Private Madrasah Aliyah totaling 134 teachers and a sample of 100 respondents who were determined using a proportional random sampling technique. Data collection using a questionnaire. Correlation and regression tests used SPSS version 21 for Windows. The results of the study (1) there is an effect of managerial skills of madrasah principals on teacher professionalism by 20.8%, (2) there is an effect of work culture on teacher professionalism by 29.5% (3) there is an effect of managerial skills of madrasah principals and work culture on teacher professionalism Private Madrasah Aliyah Semarang Regency at 36.1%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrianto, S. 2011. Pengaruh Ketrampilan, Taknis, Ketrampilan Sosial , dan Ketrampilan Manajemen Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.21009/jmp.02109
Barkah, J. 2014. Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi di Madrasah. Jurnal Sosio E-Kons, 6(1). http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v6i1.1714
Dailami, 2018. Hubungan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Di Kota Tanjungbalai. Jurnal Komunitas Bahasa, 6(1). http://jurnal.una.ac.id/index.php/jkb/article/view/489
Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas
Depdiknas, 2005. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas.
Depdiknas, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Madrasah/Madrasah. Depdiknas.
Euis, K., & Priansa, D., Juni, 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah Bermutu. Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/ DetailOpac.aspx?id=912871
Hosnan, 2016. Etika Profesi Pendidik Pembinaan dan Pemantapan Kinerja Guru, Kepala Sekolah, serta Pengawas Sekolah. Ghalia Indonesia. https://pupendik
Kemendiknas, 2012. Peranturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 39 Tahun 2012 Tentang Pedoman pengembangan Budaya Kerja. Kemenpan dan RB.
Kemendiknas, 2017. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun2008 Tentang Guru. Kemendiknas
Kempa, R. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah Studi Hubungan Prilaku Kepemimpinan, Ketrampilan Manajemen, Manajemen Konflik, Daya Tahan Stres Kerja dengan Kinerja Guru. Penerbit Ombak. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v16i1.2542
Kompri, 2016. Motivasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Miyono, Noor. & Nur Makhsun, 2017. Kompetensi dan Budaya Kerja Guru Dalam Membentuk Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/DOI : 26877/jmp.v6i3.2009
Miyono, Noor, & Rosidin, 2017. Determinan Budaya Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Demak. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(3), 405–420. p-ISSN:1693-6418, e-ISSN: 2580-247X http://dx.doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.312
Ndraha, T. 2012. Budaya Organisasi. Bandung, Rineka Cipta.
Nikmah, Alfi. dan Donny Pratomo. 2016. Pengaruh keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Kabupaten Pati. Jurnal Quality, 4(1). https://journal.stainkudus.ac.id
Nurhadijah, 2017. Studi Tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Penajam Paser Utara. https://www.portal.fisip-unmul.ac.id/site/ p=5628
Nurjanah, 2011. Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap PrestasiSiswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun 2010. Institut Agama Islam Negeri Walisongo. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2499
Riduwan, 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung, PT. Alfabeta. /
Riski, Lupika Damai., Burharudin, dan Ahmad Yusuf, Sobri. 2018. Budaya Kerja Di Sekolah Berbasis Islami. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 333–439. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i42018p433
Robbin, S. P., & Judge, T. A. 2015. Perilaku Organisasi. Alih Bahasa oleh Diana Angelina. Salemba Empat.
Salam, Baharudin. Mustholah Ma'ufur dan Sobrur Laeli. 2017. Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi Di Madrasah Aliyah. Jurnal Tadbir Muwahhid, 1(1). https://ojs.unida.ac.id/index.php/JTM/article/ view/806
Sodiqin, H., & Diding, N. 2019. Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Kineja Mengajar Guru Dalam Mutu Pendidikan. Jurnal Adminsaitrasi Pendidikan, XXIII(2).https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5636
Soleman. 2019. Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1) http://repository.radenintan.ac.id/ .
Sugiyono, 2012. Metodologi Penelitian. Alfabeta.
Sumardi, 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Deepublish publisher.
Suyanto, J. A. 2013. Guru Profesionala Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Erlangga.
Thahirah, dkk. 2016. Wujud Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Bulukunyi Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Jurnal Diskursus Islam, 4(3). https://doi.org/10.24252/jdi.v4i3.7322
Usman, K., & Sakdiyah, I. 2016. Ketrampilan Manajemenal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada MAN 1 Takengon. Jurnal Admistrasi Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, 4(3). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/4798
Wahjusumijo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Pemasalahannya. Raja Grafindo Persada.
Wijayanti, D. I. 2019. Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Maningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyan Nageri Kebumen. Jurnal Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2). http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/134
DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v6i2.982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 miyono - miyono, Dias Andris Susanto, Laela Wihdatul Arifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.