Tingkat Kepuasan Masyarakat Atas Layanan Keagamaan Yang Diselenggarakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Buddha Tahun Layanan 2018

Dian Hafit Syaifullah

Abstract


The religiousity services had been given by Ditjen Bimas Buddha since 2007. The problem faced was how to meet public service users who partially cultured the village with limited land, budget, and personnel owned. This study aims to find out: 1) the public satisfaction level of the religiousity services in the 2018 service year, 2) service elements that need to be prioritized for improvement in 2019. This research uses the survey method in accordance with Permenpan RB No. 14 of 2017. The study found that: 1) the public satisfaction level towards religiousity services of the Ditjen Bimas Buddha in the 2018 service year is 3.0045 categories "C" means "Poor" quality, 2) service elements that need to be prioritized for improvement in 2019 are the capacity of the service room and the completeness of facilities and infrastructure, the timeliness of delivery of service products, and the acceleration of service products delivery.

Keywords


Management, Public Satisfaction, Religiousity Services, servqual, Integrity Zone

References


Abidin, Zaenal et al. 2017. Laporan Ringkas Hasil Survei Kepuasan Pelayanan Haji di Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan.

Alpizar et al. 2014. “Civil Religion (Fenomena Ajaran Tridharma Di Riau)”. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama. Volume 6 Nomor 1, Januari – Juni 2014. Hlm. 133 – 152

Budiyanto, Aris. 2019.Wawancara dengan Aris Budiyanto tanggal 8 Januari. Pewawancara Dian Hafit Syaifullah

Dharmadjie, Miguel. 2018. Tim Monev Ditjen Bimas Buddha Evaluasi Kinerja Penyuluh Agama Buddha Non PNS Sulsel”. http://makassar.tribunnews.com/2018/12/10/tim-monev-ditjen-bimas-buddha-evaluasi-kinerja-penyuluh-agama-buddha-non-pns-sulsel diakses 28 Januari 2019 pukul 17.16 WIB

Dirjen Bimas Buddha. 2017. Keputusan Direktur Jenderal Agama Buddha Nomor 322 Tahun 2017 Tentang Tanda Daftar Rumah Ibadah Agama Buddha.

Dirjen Bimas Buddha. 2017. Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Nomor 323 Tahun 2017 Tentang Tanda Daftar Organisasi Keagamaan Buddha.

Kadir R, Abd. 2014. “Umat Minoritas Dalam Pelayanan Kementerian Agama: Menyasar Penganut Agama Budha di Kota Jayapura Provinsi Papua”. Jurnal “Al-Qalam”. Volume 20 Nomor 1, Juni 2014 . Hlm. 57-64

Kawu, Abd. Shadiq. 2013. “Pelayanan Kementerian Agama Terhadap Penganut Agama Buddha Di Kota Parepare Sulawesi Selatan”. Jurnal “Al-Qalam”. Volume 19 Nomor 2, Desember 2013. Hlm. 253-264

Menpan RB. 2014. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Menpan RB. 2017. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat.

Menteri Agama. 2017. Keputusan Menteri Agama Nomor 656 Tahun 2017 Tentang Indikator Kinerja Utama Kementerian Agama.

Menteri PAN RB. 2017. Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat.

Na’im, Akhsan dan Syaputra, Hendry. 2011. Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, Dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia: Hasil Sensus Penduduk 2010. Jakarta. Badan Pusat Statistik.

Pemerintah Republik Indonesia. 2012. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Rahman, Ainur. 2016. http://www.gresnews.com/berita/hukum/108005-tersangka-terakhir-korupsi-pengadaan-buku-agama-budha/ diakses 21 Januari 2019 pada pukul 14.10 WIB

Ristekdikti, Portalgaruda. 2019. “Search budha”. http://garuda.ristekdikti.go.id/search/document?q=budha diakses 21 Januari 2019 pukul 08.09 WIB

Ristekdikti, Portalgaruda. 2019. “Search budha”. http://garuda.ristekdikti.go.id/search/document?select=title&q=buddha&pub= diakses 21 Januari 2019 pukul 08.10 WIB

Ropeg, Kemenag. 2019 “Statistik Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Unit Kerja dan Agama (Penyuluh Agama)”.http://simpeg.kemenag.go.id/app/rep_stat_agama.aspx?uid=201000564&sk=02000000000000&lvl=216 diakses 28 Januari 2018 pukul 17.44 WIB

Ropeg, Kemenag. 2019 “Statistik Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Unit Kerja dan Agama (Jabatan Fungsional Umum)”http://simpeg.kemenag.go.id/app/rep_stat_agama.aspx?uid=201000564&sk=02000000000000&lvl=101 diakses 26 Januari 2019 pukul 17.29 WIB

Sekaram, Uma. 2006. “Metodologi Penelitian untuk Bisnis Edisi 4 Buku 2: Research Methods for Business, 4th Ed.” Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Suska, I Made et al. 2013. "Analisis Kualitas Pelayanan Pas Bandara Internasional Ngurah Rai Dengan Menggunakan Model Servqual".Jurnal Spektran.Volume 1 No 1, Januari 2013. Hlm. 35-42

Wahyudin et al. 2018. "Dimensi Religiusitas Dan Pengaruhnya Terhadap Organizational Citizenship Behaviour (Studi Pada Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)"Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA).Volume 20 Nomor 03, Tahun 2018. Hlm. 1-14.




DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v5i1.761
Abstract - 164 PDF (Bahasa Indonesia) - 78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dian Hafit Syaifullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.