PEREMPUAN SEBAGAI KEPALA RUMAH TANGGA (Kajian Lintas Kitab Suci)

Abdurrohman Azzuhdi

Abstract


Makalah ini menyajikan argumen-argumen yang memperbolehkan perempuan menjadi kepala rumah tangga. Penulis menyandingkan antara al-Quran dan Alkitab. Ide kesetaraan dalam al-Quran tercermin dari adanya penempatan yang setara pada mudzakar dan muannats. Keduanya merupakan khalifah di muka bumi. Sedangkan dalam Alkitab, kisah perempuan sebagai kepala rumah tangga digambarkan pada sosok Lydia, seorang penjual Kain Ungu dari Tiatira. Dalam menguraikan teks kitab suci akan digunakan model penafsiran feminis, yaitu sebuah penafsiran yang menempatkan perspektif perempuan sebagai pelaku, bukan objek studi. Ayat-ayat yang membahas kepemimpinan perempuan dijelaskan kembali dengan membersihkan mitos-mitos yang mengelilingi. Cerita yang mempengaruhi penafsiran al-Quran banyak berasal dari AlKitab seperti penciptaan, nama adam dan hawa, serta stigma negatif terhadap perempuan. Alhasil akan ditemukan kesimpulan akhir bahwa baik al-Quran maupun Alkitab tidak pernah secara eksplisit melarang perempuan menjadi kepala rumah tangga. Kesimpulan yang selama ini beredar merupakan hasil penafsiran bias gender yang ditransformasikan dalam budaya patriarki.

Keywords


Lidya, kesetaraan, rumah tangga, penafsiran feminis

References


Al-‘Asqalani. 1994. Al-Ishabah fi Tamyiz al-Shahabah. Vol. VIII. Beirut: Darr al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-As}fihan, Al-Raghib. t.th. Mufrada>t Alfa>z} al-Qura>n. Damaskus: Dar al-Nasyr.

Ali, Yusuf. 2000. Al-Quran dan Terjemah Paralel Indonesia-Inggris. Solo: Qomari.

Alkitab. 2015. (Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2015).

Al-Mukti, Fathi Fauzi Abd. 2010.Wanita-wanita al-Quran: Kisah Nyata Perempuan-Perempuan Hebat yang Dicatat Abadi dalam Kitab Suci. Diterjemahkan Asyari Khatib. Jakarta: Zaman.

Al-Razi, Fakhr. t.th. al-Tafsir al-Kabir, Juz. 9, cet.II. Tehean: Dar al-Kitab al-Ilmiyah.

Al-Shawi. 2014. Hasyiah al-Shawi a’la al-Jalalain. Vol. I. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Thabari. 1978. Jami’ al-Bayan fi Tafsir Ayyi al-Quran. Jilid 4. Beirut: Dar al-Fikr.

Andalas, Mutiara. 2009. Lahir dari Rahim: Wacana Perempuan Asia tentang Allah di era Globalisasi. Yogyakarta: Kanisius.

Arivia, Gadis. 2010. Filsafat Berperspektif Feminis. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.

Bakker, Anton dan Zubair, Achmad C. 1990. Metode Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Barlas, Asma. 2002. Believing Women in Islam: Unreading Patriarchal Interpretations of The Quran. Austin: University of Texas Press.

Clifford, Anne M. 2002. Memperkenalkan Teologi Feminis. Maumere: Penerbit Ledalero.

Enginer, Asghar Ali. 1996. The Right of Women in Islam. India: ST. Martin’s Press.

Fakih, Mansour. 2001. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Goldziher, Ignaz. 2010. Mazahib al-Tafsir. Yogyakarta: Elsaq.

Haryatmoko. 2003. Etika Politik dan Kekuasaan. Jakarta: Pustaka Kompas.

Husein, Toha. 1990. al-Fitnatu al-Kubro. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Jinni, Ibnu. t.th. al-Khashais. Vol. I. Beirut: ‘Alim al-‘Ilmi.

Katsir, Ibnu. 1986. Al-Bidayah wa al-Nihayah, Vol. III. Dar al-Fikr: Beirut.

______. 1999. Tafsir al-Quran al-‘Azim. Vol. 2. Mesir: Dar Thayyibah.

Khalid, Khalid M. 1953. From Here We Start, Diterjemahkan Isma’il R. el-Faruqi. Washington DC: American Council of Learned Societies.

Manzur, Ibnu. t.th. Lisan al-‘Arab. Kairo: Dar al-Ma’arif.

Najwah, Nurun Dkk. 2005. Dilema Perempuan dalam Lintas Agama dan Budaya, et. Mochammad Sodik. Yogyakarta: PSW IAIN Sunan Kalijaga dan IISEP CIDA.

Nasution, Khoiruddin. 2002. Fazlur Rahman tentang Wanita. Yogyakarta: Tazzafa dan Academia.

Peach, Lucinda Joy. 1998. Women in Culture: A Women’s Studies Anthology. Massachussetts: Blackwal Publisher Inc.

Reinharz, Shulamit. 2005. Metode-Metode Feminis dalam Penelitian Sosial, terj. Lisabona Rahman dan J. Bambang Agung. Jakarta: Women Research Institute.

Riffatarre, Michael. 1978. Semiotic of Poetry. Blomington and London: Indiana University Press.

Sakenfield, Katarine Doob. 1998. Beberapa Pendekatan Feminis terhadap Kitab Suci. dalam Letty M. Russel dkk. Perempuan & Tafsir Kitab Suci. Diterjemahkan Adji A. Sutama dan M. Oloan Tampubolon. Yogyakarta: Kanisius. Hlm. 51-61.

Shihab, Quraish. 1992. Membumikan al-Quran. Bandung: Mizan.

_____. 2007. Wawasan Al-Quran. Bandung: Mizan.

Siddique, Kaukab. 2002. Menggugat Tuhan yang Maskulin. Diterjemahkan Arif Maftuhin. Jakarta: Paramadina.

Strowasser, Barbara F. “Isu-Isu Gender dalam Penafsiran al-Quran”. Dalam: Borg, Marlies Ter dkk. 2015. Berbagi Tentang Maryam. Yogyakarta: Gading. Hlm. 87-92.

Tucker, Judith E. 1993. Arab Women. Bloomington & Indiana Polis: Indiana Univesity Press.

Umar, Nasaruddin. 2001. Argumen Kesetaraan Gender Perspektif al-Quran. Jakarta: Paramadina.

Wadud, Amina. 1999. Reading The Sacred Texst from a Woman’s Perspective. Oxford: Oxford University Press.

Wajidi, Farid. 1993. “Perempuan dan Agama: Sumbangan Riffat Hasan”. Dalam: Fauzie Ridjal, Lusi Margiyani dan Agus Fahri Husein (ed.). Dinamika Gerakan Perempuan di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana. Hlm. 11-23.

Walby, Sylvia. 2014. Teorisasi Patriarki. Diterjemahkan Mustika K. Prasela. Yogyakarta: Jalasutra.

Wolf, Naomi. 1997. Gegar Gender: Kekuasaan Perempuan Menjelang Abad 21. Diterjemahkan Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Semesta Press.

Andaneshwari, Jane. 2013. Potret Dilema Perempuan Bekerja dalam Media Perempuan Indonesia. Jurnal Perempuan. Edisi 76 Vol. 18 No. 1, Maret 2013.Hlm. 24-41.

Candraningrum, Dewi. 20113. Superwoman Syndrom & Devaluasi Usia: Perempuan dalam Karir dan Rumah Tangga. Jurnal Perempuan. Edisi 76 Vol. 18 No. 1, Maret 2013. Hlm. 7-20.

Dhewy. Anita. 2017. Perempuan dan Kebijakan Publik. Jurnal Perempuan. Edisi 92 Vol. 22 No. 1, Februari 2017. Hlm. 4-6.

Newell, Sue. 1993. The Superwoman Syndrom: Gender Differences in Attitudes Towards Equal Opportunities at Work and Towards Domestic Responcibilities at Home, dalam Work, Employment and Society. Sage Publication. Vol. 7, No. 2, Juni 1993. Hlm. 275-279.




DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v4i1.573
Abstract - 212 PDF (Bahasa Indonesia) - 146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdurrohman Azzuhdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.