RELEVANSI NILAI RAHMATAN LIL ALAMIN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH

Moch Lukluil Maknun, Dedik Subroto, Fathurozi Fathurozi

Abstract


Salah satu dampak pandemi covid adalah minimnya intensitas tatap muka pembelajaran. Di tengah tuntutan siswa aktif belajar dari berbagai sumber, novel biografi merupakan salah satu sumber belajar yang cukup relevan sebagai sarana transfer keilmuan. Novel Sang Pencerah yang menceritakan biografi tokoh K.H. Ahmad Dahlan belum digali pada aspek konsep rahmatan lil alamin yang sedang digalakkan untuk dikuatkan di kalangan muslim Indonesia. Memanfaatkan metode hermenutika Schleiermacher dan Gadamer, kajian ini berupaya menjawab dua permasalahan utama: rumusan konsep rahmatan lil alamin dalam novel dan relevansinya dengan konteks pendidikan Islam saat ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa keteladanan konsep rahmat yang dicontohkan oleh sang tokoh jika dipadatkan maka membahas empat hal: bersosialisasi, menebar cinta kasih, belajar, dan mengajar yang masing-masing terjabarkan dalam indikator atau kata kunci yang diceritakan sepanjang teks. Konsep pembelajaran dan dakwah rahmatan lil alamin yang diterapkan dan dicontohkan oleh tokoh secara umum sangat relevan dengan konteks pendidikan Islam saat ini, meskipun tidak kesemuanya harus diadopsi.


Keywords


KH. Ahmad Dahlan; Sang Pencerah; Hermeneutik

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. (2013) Ide Pembaharuan Hubugan Agama dengan Tradisi dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral Tinjauan Antropologis. eprints.umm.ac.id. Available at: http://eprints.umm.ac.id/27557/.

Andryani, N. D. (2012) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Sang Pencerah Karya Nasery Basral. eprints.umm.ac.id. Available at: http://eprints.umm.ac.id/31183/.

Anurkarina, F. W. (2015) ‘Perilaku Tokoh Kh. Ahmad Dahlan Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral’, Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya.

Apriawati, N. (2016) Nilai-nilai didaktis novel sang pencerah karya akmal nasery basral dan pembelajarannya di sekolah menengah atas (SMA). digilib.unila.ac.id. Available at: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24790.

Aprilia, H. W. (2012) Dimensi Sosialnovel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral: Tinjauan Sosiologi Sastra. eprints.ums.ac.id. Available at: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19405.

Basral, A. N. (2010) Novel Sang Pencerah. Jakarta: Mizan.

Bosticco, C. and Thompson, T. (2005) ‘The Role of Communication and Story Telling in the Family Grieving System’, Journal of Family Communication. doi: 10.1207/s15327698jfc0504_2.

Darmawan, M. A. (2010) Studi terhadap Metode Pendidikan Islam KH Ahmad Dahlan dalam Nocel Sang Pencerah. eprints.ums.ac.id. Available at: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12423.

Eriyanto (2002) Analisis Framing, Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Eriyanto (2012) Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Firwan, M. (2017) ‘Nilai Moral Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral’, Jurnal Bahasa dan Sastra.

Hakim, A. A. (2013) ‘Dekonstruksi Kehidupan Beragamadalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral’, Bapala. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Available at: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/download/2016/5411.

Hanany, L. N. H. et al. (2020) ‘Pelayanan Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Harahap, S. (2014) Metodologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hardiman, F. B. (2015) Seni Memahami: Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida. Yogyakarta: Kanisius.

Hariri, D. L. (2018) Jejak Sang Pencerag. Jakarta: Republika.

Hendra, T. and Musliadi, P. (2019) ‘Prinsip dan Unsur-unsur Komunikasi dalam Perspektif Alquran’, Wardah, 20(2). Available at: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/view/4546.

Hidayat, A. (2014) Formasi Ideologi dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral. repository.unp.ac.id. Available at: http://repository.unp.ac.id/2517/1/2_A_ARIF_HIDAYAT_04606_4926_2014.pdf.

Ilyas, H. (2018) Fikih Akbar: Prinsip-Prinsip Teologis Islam Rahmatan Lil ’Alamin. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.

Imam, M. (2019) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral Perspektif Mohammad Daud Ali serta Relevansinya dengan …. digilib.uinsby.ac.id. Available at: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35348.

Imaratu, J. bee (2016) ‘Eksistensi Perempuan dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral’, Bahasa Dan Sastra Indonesia-S1.

Kahfi, A. (2020) ‘Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19’, Dirasah.

Kemdikbud, pengelola web (2020) Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah, Jakarta, 28 Mei 2020.

Kemenag-R.I (2019) Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Khoerunnisa, E. (2017) ‘Relevansi Strategi Dakwah Hizbut Tahrir Indonesia dengan Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW’, KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi. doi: 10.24090/komunika.v9i2.847.

Khoiri, M. A. (2016) ‘Kedudukan Qaul Sahabat dalam Istinbat Hukum Islam: Analisis Komparatif Pemikiran Ibnu Hazm dan Wahbah az-Zuhailī’, SMART. doi: 10.18784/smart.v2i2.396.

Kumalasari, N. (2011) ‘Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral’. STAIN PEKALONGAN.

Kusrini, E. (2012) Nilai Religius dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. repository.umpwr.ac.id. Available at: http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3371.

Lenhart, J. et al. (2020) ‘More than words: Narrator engagement during storytelling increases children’s word learning, story comprehension, and on-task behavior’, Early Childhood Research Quarterly. doi: 10.1016/j.ecresq.2019.12.009.

Lestari, S. (2012) Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penganganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.

Makmur, A. (2012) ‘Peranan Ulama dalam Membina Masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan’, MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id. Available at: http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/article/view/114.

Marwantika, A. I. (2011) … kehidupan dan perjuangan KH Ahmad Dahlan dalam mendirikan Muhammadiyah: analisis semiotika sosial Novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. digilib.uinsby.ac.id. Available at: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25433.

Masfiah, U. (2017) ‘Pemikiran Kalam Kiai Muhammad Sami’un Purwokerto dalam Naskah Aqaid 50’, Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 3(2), p. 207. doi: https://doi.org/10.18784/smart.v3i2.

Mustolehudin, M. and Muawanah, S. (2018) ‘Pemikiran Pendidikan K. H. Ali Maksum Krapyak Yogyakarta’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(1), pp. 18–34. doi: 10.32729/edukasi.v16i1.441.

Musyafa, H. (2017) Dahlan (Sebuah Novel). Tangerang: Javanica (PT Kaurama Buana Antara).

Muzayanah, U. (2018) ‘Fungsi Komunikasi dalam Transmisi Nilai-nilai Keagamaan pada Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) di SMA Negeri 1 Purworejo’, Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(1).

Ningmas, F. (2015) ‘Representasi Modernisme Islam dalam Novel Sang Pencerah Karangan Akmal Nasery Basral: Perspektif Semiotik Roland Barthes’, Arkhais - Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia. doi: 10.21009/arkhais.062.07.

Nogroho, I. (2017) ‘Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kisah-kisah yang Terkandung Ayat Alquran’, Jurnal Pendidikan Islam.

Nuryana, D. E. (2014) Nilai Religiusitas dalam Novel Sang Pencerah Karya Akhmal Nasery Basral. eprints.umm.ac.id. Available at: http://eprints.umm.ac.id/25242/.

Palmer, R. E. (2003) Hermeneutika, Teori Baru Mengenai Interpretasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Patria, A., Fuad, M. and Karomani, K. (2014) ‘Nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra’, J-SIMBOL (Bahasa dan Sastra Indonesia).

Pertiwi, A. D. (2018) ‘Representasi Kepercayaan Masyarakat Jawa dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral (Kajian Interpretatif Simbolik Clifford Geertz)’, Jurnal Sapala. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Available at: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-sapala/article/view/29570.

Purwanto, Y., Taufik, M. and Wawan Jatnika, A. (2017) ‘Peran Teknologi Informasi dalam Perkembangan Dakwah Mahasiswa’, Jurnal Sosioteknologi. doi: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.8.

Riswan, R. (2016) ‘Representasi Sosial dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral (Kajian Sosiologi Sastra)’, BAHASA DAN SASTRA. jurnal.untad.ac.id, 1(1). Available at: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/7673.

Sanusi, M. (2013) Kebiasaan-Kebiasaan Inspiratif KH. AHmad Dahlan dan KH. Hasyim Ay’ari. Yogyakarta: Diva Press.

Sari, I. (2013) Modernisasi Pendidikan Islam KH Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral dan Pembelajarannya. ejournal.umpwr.ac.id. Available at: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/868.

Shihab, M. Q. (2019) Wasathiyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Ciputat: Lentera Hati.

Sri Septina, H. and Karim Halim, A. (2020) ‘Pembuatan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sarana Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 di Perumahan Bukit Mekar Wangi Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor’, PKM-P. doi: 10.32832/pkm-p.v4i2.743.

Suhendro, E. (2020) ‘Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Golden Age.

Sujarwo, S. T. (2014) Integrasi Pendidikan Islam Humanistik dan Misi Profetik Kiai Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral: Tinjauan Sosiologi Sastra dan …. eprints.ums.ac.id. Available at: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31477.

Sumadi, E. (2016) ‘Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi’, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.

Tanya Jawab Moderasi Beragama (2019). Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Taro, M. (2017) Mendongeng Lima Menit. Denpasar: Armada Press.

Umar, L. M. and Mochamad Nursalim (2020) ‘Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar’, Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Wahyudi, T. (2011) Analisis Gaya Bahasa pada Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral. eprints.ums.ac.id. Available at: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15566.

Watik, H. (2014) Realitas Sosial Dalam Novel “Sang Pencerah” Karya Akmal Nasery Basral. repository.stkippgrisumenep.ac.id. Available at: https://repository.stkippgrisumenep.ac.id/169/.

Windyanurkarina, F. (2011) Amanat Ketokohan KH. Ahmad Dahlan dalam Novel ‘Sang Pencerah’ Karya Akmal Nasery Basral (Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra). eprints.umm.ac.id. Available at: http://eprints.umm.ac.id/31203/.

Yatun, R., Effendy, C. and Seli, S. (no date) ‘Nilai Islami Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran …. jurnal.untan.ac.id. Available at: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1979.

Yusuf, M. (2011) Tindak Tutur Perlokusi pada Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral. eprints.ums.ac.id. Available at: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15721.

Zaini, A. (2015) ‘Dakwah Melalui Televisi’, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.

Zulkarnaini (2015) ‘Dakwah Islam Di Era Modern’, Risalah.




DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v7i2.1268
Abstract - 419 PDF - 195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moch Lukluil Maknun, Dedik Subroto, Fathurozi Fathurozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.